Minggu, 23 Mei 2010

EKONOMI, PENGERTIAN PERMINTAAN

Permintaan adalah Jumlah barang atau jasa yang ingin dan mampu di beli oleh konsumen, pada berbagai tingkat harga, dan pada periode tertentu.


Dalam merumuskan definisi permintaan, permintaan dapat kita definiasikan sebagai kesediaan konsumen untuk membeli berbagai jumlah barang pada berbagai tingkat harga, dengan anggapan bahwa faktor-faktor lain ( selain harga barang itu sendiri ) tidak berubah. Asumsi tersebut kita kenal dengan istilah ceteris paribus.
Seperti contohnya ,untuk memenuhi kebutuhan keluarganya Bu Rini pergi ke pasar dekat rumahnya untuk membeli daging ayam.
Di dalam pikirannya, Bu Rini mempunyai niat sebagai berikut :
• Jika harga daging ayam Rp 9.000,00/kg, banyaknya daging ayam yang dibeli Bu Rini 3 kg.
• Jika harga daging ayam Rp 6.000,00/kg, banyaknya daging ayam yang di beli Bu Rini 6 kg

Kesediannya Bu Rini untuk membeli berbagai jumlah daging ayam pada berbagai tingkat harga tersebut merupakan permintaan Bu Rini akan daging ayam.Konsep permintaan Bu Rini ini hanya menghubungkan jumlah barang ( daging ayam ) yang di beli dengan tingkat harga barang itu sendiri.

Macam-Macam Permintaan

1. Permintaan Efektif (Evective Demand)
Permintaan efektif adalah permintaan yang di ikuti oleh kemampuan pembeli untuk mendapatkan barang dan jasa serta merealisasikan kemampuan pembeli tersebut dalam bentuk kegiatan pembelian terhadap barang dan jasa.
2. Permintaan Potensial (Potensial Demand)
Permintaan potensial adalah permintaan yang di ikuti oleh kemampuan pembeli untuk mendapatkan barang dan jasa.Namu, pembeli belum dapat merealisasikan kemampuan karena kurangnya informasi tentang barang dan jasa tersebut.
3. Permintaan mutlak (Absolute Demand)
Permintaan mutlak adalah permintaan terhadap barang dan jasa yang harus di penuhi tanpa mempertimbangkan situasi dan kondisi keuangan yang ada.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar