Minggu, 23 Mei 2010

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENAWARAN

A.Harga input (masukan)/onkos produksi
B. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan kemungkinan kepada manusia untuk dapat menemukan berbagai metode memproduksi yang lebih cepat serta lebih baik. Akibatnya, dengan adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut barang dan jasa dapat diproduksi secara besar-besaran. Meningkatnya jumlah barang dan jasa yang bisa dihasilkan akan membawa dampak meningkatnya kegiatan penawaran barang tersebut.
C. Terbatasnya sumber produksi
Pemakaian salah satu jenis sumber daya alam secara terus-menerus yang semula jumlahnya cukup banyak yang digunakan sebagai bahan baku produksi,akan menyebabkan persediaanya semakin menipis.dengan menipisnya sumber daya alam tersebut,akibatny barang dan jasa yang dihasilkan dari kegiatan produksi menjadi semakin sedikit jumlahnya. Apabila barang dan jasa yang tersedia jumlahnya sedikit, maka kegiatan penawaran terhadap barang dan jasa tersebut akan sedikit pula.

D. Munculnya produsen baru
Munculnya produsen baru yang membuat suatu jenis barang yang sama dengan produsen sebelumnya akan menyebabkan jumlah dari jenis barang tersebut akan bertambah di pasaran sehingga kegiatan penawaran akan meningkat
E. Bencana alam
Bencana alam yang menimbulkan kerusakan juga dapat menyebabkanBerkurangnya hasil produksi . sehingga, secara otomatis jumlah barang yang tersediapun jadi berkurangnya jumlah barang yang tersedia akan menyebabkan berkurangnya kegiatan penawaran terhadap barang tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar